ICE Institute

2022-12-19 11:32:21 oleh admin

Rapat Koordinasi Konsorsium ICE Institute 2022

  • Link Copied to Clipboard
  • ice institute
  • ice institute

 

Denpasar – Pada tanggal 30 November - 2 Desember 2022 telah berlangsung Rapat Koordinasi Konsorsium ICE Institute 2022 di Bali Dynasty Resort, Kuta, Bali. Rapat Koordinasi Konsorsium ICE Institute merupakan acara tahunan untuk merefleksikan apa saja yang telah dilakukan selama setahun dan apa yang akan dilakukan di tahun berikutnya. Sebagaimana kita ketahui bahwa Indonesia Cyber Education (ICE) Institute yang sudah diresmikan 1 tahun lalu pada tanggal 28 Juli 2021 oleh Prof. Ir. Nizam selaku Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) hingga saat ini telah menyediakan berbagai mata kuliah secara online. ICE Institute mengucapkan terima kasih kepada Dirjen Diktiristek dan pada Direktur yang telah mendukung sehingga program ICE Institute berjalan secara optimal. Di samping itu, rasa terima kasih juga disampaikan kepada semua mitra yang telah menyumbangkan mata kuliah nya untuk ditawarkan dan memberi kesempatan para dosennya untuk ikut mengampu mata kuliah tersebut, serta tetap menjaga utuh komitmen dalam mendukung dan membesarkan ICE Institute.

 

(Rangkaian Diskusi Panel Pada Rapat Koordinasi Konsorsium ICE Institute 2022)

 

Prof. Marito Garcia selaku Konsultan ADB sempat memaparkan transformasi ICE Institute menjadi Korporasi. Pembahasan mengenai pengembangan strategi penetapan harga pun telah dirancang pada saat dilaksanakannya diskusi panel yang sehubungan dengan Harga mata kuliah online (produk), Willingness to pay (kerelaan pengguna untuk menerima beban pembayaran sesuai yang telah ditetapkan), Model konsorsium, dan kemungkinan pendanaan serta pilihan pendapatan untuk dikejar. Selain memberikan materi pembelajaran dengan kualitas yang baik, penetapan strategi posisi ICE Institute sangat penting dalam pemerataan pendidikan. Salah satu manfaatnya untuk meningkatkan jangkauan akses lebih luas lagi untuk semua perguruan tinggi. Adapun arahan dari Direktur Belmawa yang hadir saat itu menyampaikan, guna memperkuat keberadaan ICE Institute perlu ditetapkan nya model bisnis yang cocok untuk ICE Institute dan penguatan kelembagaan konsorsium ICE Institute hendaknya dijadikan brand image di tingkat Internasional. Dan dilanjutkan arahan dari Ketua Konsorsium ICE Institute bahwa status kelembagaan ICE Institute harus segera diputuskan agar operasional ICE Institute bisa lebih sigap dan sudah seharusnya juga dipersiapkan strategi operasional ICE Institute yang melibatkan anggota konsorsium agar lebih aktif.

 

(Ketua ICE Institute: ICE Institute dibangun bukan untuk menyaingi Perguruan Tinggi karena ICE Institute memiliki misi yang berbeda)

 

Mengacu pada arahan yang disampaikan tersebut, saat ini ICE Institute telah menyediakan sekitar 5.000 mata kuliah yang disediakan oleh perguruan tinggi dalam maupun luar negeri yang telah diakses sekitar 100 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia yang ditawarkan secara gratis. Dengan demikian, para mahasiswa yang mengikuti mata kuliah dari perguruan tinggi ternama di dunia diharapkan dapat memberikan pengaruh dalam meningkatnya kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Di samping itu, para dosen dan tenaga kependidikan seluruh perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan kapasitasnya diperbolehkan mengambil mata kuliah Internasional baik dari edX maupun dari XuetangX, dengan harapan kualitas dosen tersebut akan meningkat. Selanjutnya, dalam rangka menjadi marketplace online learning tingkat Internasional, hingga saat ini ICE Institute sudah bermitra dengan institusi Internasional yang menyediakan akses penelitian untuk para dosen di Indonesia. Kabar baiknya ICE Institute sudah bekerjasama dengan XuetangX dengan menawarkan mata kuliah di tingkat Internasional, dan dalam waktu dekat akan ditawarkan di edX. Satu bukti nyata pada semester ini ICE Institute telah menyumbang ke Srilanka dengan data yang telah terdaftar di ICE Institute sekitar 500 orang. Sekian hasil dari Rapat Koordinasi Konsorsium ICE Institute 2022 semoga kedepannya bisa diterapkan oleh semua yang berpartisipasi.
.


 

Beri Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

angga yanto

keren ice institute

2023-01-06 00:50:39

 

0

Total Entries

0

Total Entries

0

Total Entries

Unduhan Dokument

Panduan

Anda dapat mengunduh dokument panduan terkait ICE Insitute

book

Dengan cara mengklik

Unduh

ICE Institute

  • Universitas Terbuka
  • Gedung Serba Guna 1st Floor
  • Jl. Cabe Raya Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan
  • Banten - 15437

Join Us

2022 © ICE Institute. All rights reserved.

Terms of use | Privacy policy | Sitemap