https://info.icei.ac.id/pengembangan-mata-kuliah-daring-self-paced-ice-institute
ICE Institute adalah Indonesia Cyber Education Institute, merupakan pusat kuliah daring yang terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Menyediakan bermacam kuliah dalam jaringan (daring) dari banyak Perguruan Tinggi dan penyedia pembelajaran daring di seluruh Indonesia.
Tujuan utama dari ICE Institute adalah untuk memfasilitasi penyediaan pendidikan berkualitas sekaligus menjamin kualitas layanan pembelajaran daring dan pendidikan daring. Lewat ICE Institute, pengguna akan termudahkan dalam memilih kuliah daring yang tepat untuk pengembangan karir di era Industri 4.0
ICE Institute adalah jawaban untuk menyongsong era revolusi industri 4.0 yang telah mengubah cara pandang tentang pendidikan. Perubahan yang dilakukan tidak hanya sekadar cara mengajar, tetapi jauh yang lebih esensial, yakni perubahan cara pandang terhadap konsep pendidikan menjadi holistik, bukan lagi parsial.
Dalam era revolusi industri 4.0 segala hal menjadi tanpa batas (borderless) dengan penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas (unlimited). Ini terjadi karena dipengaruhi oleh perkembangan internet dan teknologi digital yang masif sebagai tulang punggung pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin.
Selain untuk menghadapi era industri 4.0, ICE Institute diharapkan mampu berperan dalam peningkatan perluasan akses dan pemerataan kualitas pendidikan untuk mendorong Angka Partisipasi Kasar (APK) menjadi 40%. ICE Institute juga akan membantu pemenuhan kebutuhan lifelong learner melalui penyediaan sistem dan konten pembelajaran bermutu yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun.
Panduan ini disusun bagi Perguruan Tinggi yang akan membuka kelas perkuliahan daring di laman ICE Institute yang bersifat self-paced learning. Menurut Southard et al. (2015) bahwa the self-paced online course is a relatively new and rare variation of an online course within the traditional university forum. Tipe pembelajaran bersifat self-paced merupakan suatu format pembelajaran baru dari pembelajaran daring. Gerlich et al. (2009) menambahkan bahwa self-paced learning is 100% online course, there is little or no synchronicity between the student and the professor. Pembelajaran self-paced diselenggarakan secara asinkronus. Peserta didik dapat menyesuaikan kemampuan dan kecepatan mereka dalam menyelesaikan pembelajarannya (Southard et al., 2015).
.
Total Entries
Total Entries
Total Entries
Unduhan Dokument
Anda dapat mengunduh dokument panduan terkait ICE Insitute
Dengan cara mengklik
Unduh2024 © ICE Institute. All rights reserved.