ICE Institute

2021-07-27 04:42:53 oleh admin

AFEBI

  • Link Copied to Clipboard
  • ice institute
  • ice institute

Sejarah | Afebi

Sejarah Berdirinya AFEBI dan Kegiatan AFEBI

 

2006

Deklarasi Forum Dekan FE Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Se-Indonesia di Universitas Sriwijaya Palembang pada tanggal 5-05-2006.

2007

Tindak lanjut Pertemuan Forum Dekan FE PTN di Universitas Sumatera Utara Medan tahun 2007, telah digagas pengembangan forum dengan membentuk organisasi formal Forum Dekan FE PTN se-Indonesia.

2008

Selanjutnya dalam Pertemuan Dekan FE PTN se-Indonesia pada tanggal 26-07-2008 di Kampus Universitas Terbuka, Banten, telah dideklarasikan pembentukan perkumpulan FE se-Indonesia.

2009

Selanjutnya dalam Pertemuan Dekan FE PTN se-Indonesia di kampus FE Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung, pada tanggal 22-10-2009 didirikan sebuah Perkumpulan dengan nama Asosiasi Fakultas Ekonomi Se-Indonesia yang disingkat dengan AFEI.

2010

Nama AFEBI selanjutnya dikukuhkan pada pertemuan AFEI di Brastagi, Sumatera Utara pada tanggal dua puluh empat November dua ribu sepuluh (24-10-2010), dimana Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara (USU) bertindak sebagai tuan rumah. Perkembangan selanjutnya,  pada tanggal 24-10-2010, pada pelaksanaan Kongres AFEI di FE, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, disepakati perubahan nama asosiasi yang awalnya bernama AFEI menjadi Asosiasi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Indonesia yang disingkat dengan AFEBI.

2011

Nama AFEBI disosialisasikan pada pertemuan Forum Dekan FE PTN se-Indonesia di FE Unhas, Makasar. Dan sesuai surat dari Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementrian Hukum dan Hak Azas Manusia Republik Indonesia,  Nomor AHU.2-AH.01.01-11560 tanggal 06-10-2011 perihal Persetujuan Pemakaian Nama Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

2012

Nama AFEBI dicatatkan pada Notaris dan diperoleh Akta Pendirian Perkumpulan Asosiasi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Indonesia Nomor: 32 Tanggal 30 Maret 2012, Notaris & PPAT Yukasanu Santihapsari, S.H., M.Kn, Kantor Jl. Raya Gadobangkong No. 4A, Kabupaten Bandung Barat 40552. Surat Keputusan Menkumham RI tentang Pengesahan Badan Hukum Perkumpulan (AFEBI) No. AHU – 60.AH.01.07.Tahun 2013, yaitu Pengesahan Akta Pendirian AFEBI NIP. 31.642.588.3-423.000. Ditetapkan di Jakarta tanggal 02 April 2013. Akta Pendirian AFEBI disosialisasikan pada  pertemuan Forum Dekan FE PTN se-Indonesia di FE Uncen, Jayapura, Papua.

2013

Surat Keputusan Menkumham RI tentang Pengesahan Badan Hukum Perkumpulan (AFEBI) No. AHU – 60.AH.01.07.Tahun 2013, yaitu Pengesahan Akta Pendirian AFEBI NIP. 31.642.588.3-423.000. Ditetapkan di Jakarta tanggal 02 April 2013. SK tersebut disosialisasikan pada Rapat Pleno AFEBI di FE Unsri, Palembang 2 Jun 2013.

Pelaksanaan Sidang Pleno AFEBI pada periode Tahun 2013 Sidang Pleno-1 Tahun 2013, dilaksanakan di FEB Unpad, Bandung, 31 Januari 2013 Agenda pertemuan:

  • Pemilihan Bendahara AFEBI dan terpilih Wakil Dekan Bidang Sumberdaya dari SBM ITB.
  • Pembahasan naskah akademik Learning Outcomedan Standar Kompetensi Program Studi Manajemen Dihadirkan nara sumber dari Dikti (Prof. Syafrudin, FEB Undip), dari Forum Manajemen Indonesia (Prof Sucherly, FEB Unpad).
  • Pembahasan inisiasi AFEBI untuk membentuk Lembaga Akreditasi Mandiri.

Sidang Pleno-2 Tahun 2013, dilaksanakan di FEB Undip, Semarang, 14 Maret 2013, 

Agenda pertemuan membahas rancangan pembentukan Lembaga Akreditasi Mandiri

Sidang Pleno-3 Tahun 2013, dilaksanakan di FE Unsri, Palembang 2 Juni 2013,

Agenda pertemuan membahas naskah akademik Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi

Sidang Pleno-4 Tahun 2013, dilaksanakan di FEB Unud (Udayana), Bali 24 Agustus 2013,

Agenda pertemuan membahas perubahan dan pengesahan AD/ART AFEBI dan pembahasan komisi-komisi

Pelaksanaan Kongres Pertama AFEBI 2013 (atau Forum Dekan Tahunan) dilaksanakan di FE Unsoed, Poerwokerto, 1 November 2013 Agenda pertemuan adalah:

  • Pelaksanaan Kongres Pertama AFEBI untuk melaksanakan Pemilihan & Pengukuhan Dewan Pengurus Nasional.
  • Penetapan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta garis besar program kerja AFEBI
  • Penetapan tempat penyelenggaraan Kongres AFEBI berikutnya (untuk pelaksanaan tahun 2016 dan 2017)

Menghadiri pertemuan Dikti pembahasan Learning Outcome Program Studi Manajemen di Bandung pada Bulan Desember 2013. 

AFEBI mewakilkan kepada Prof. Ernie Tisnawati Sule (FEB Unpad) dan Prof. Togar (SBM ITB).

2014

Sidang Pleno-1 Tahun 2014, dilaksanakan di Fakultas Ekonomi & Manajemen, Institut Pertanian Bogor, 25-26 Juni 2014 

Agenda pertemuan adalah:

  1. Penetapan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta garis besar program kerja AFEBI 2014-2015.
  2. Telah dideklarasikan Persiapan Pembentukan Lembaga Akreditasi Mandiri oleh Asosiasi Rumpun Ilmu Akuntansi, Ekonomi, Manajemen & Bisnis. Deklarasi telah ditanda-tangani oleh perwakilan dari:

Ikatan Akuntan Indonesia, Ikatan Sarjana Ekononi Indonesia, Forum Manajemen Indonesia, dan Asosiasi Dosen Ekonomi dan Bisnis Indonesia

  1. Penetapan tempat penyelenggaraan Kongres Kedua AFEBI 2014 di Fakultas Ekonomi, Universitas Malikul, Lokhseumawe, pada tanggal 18-20 November 2014.
  2. Penetapan tempat penyelenggaraan Sidang Pleno-2 Tahun 2014 di Fakultas Ekonomi, Universitas Khairun, Ternate. Pelaksanaan acara digabungkan dengan pelaksanaan Sidang Pleno ISEI di Ternate 3-5 September 2014.
  3. Pengusulan tempat pelaksanaan 4 (empat) Sidang Pleno di tahun 2015 yang dilaksanakan setiap catur wulan

Rapat Komisi dilaksanakan 21-22 Juli 2014 di Sekolah Bisnis dan Manajemen, ITB, Bandung

  1. Rapat Komisi Pendidikan dan Pengajaran
    1. Pembahasanan Usulan Nomenklatur Program Studi dan pemberian gelar di lingkungan FEB Unpad, Ketua Tim Perumus FEB UGM
    2. Pembahasan Capaian Pembelajaran Prodi S2. S3 72 SKS

Output: telah dikirimkan surat AFEBI kepada Direktur Belmawa, Kemendikbud tertanggal 15 Agustus 2014  

  1. Rapat Komisi Akreditasi dan Penjaminan Mutu
    1. Pembahasanan Persiapan Pembentukan LAM Rumpun ilmu akuntansi,ekonomi, manajemen dan bisnis. Pertemuan dihadiri utusan dari IAI, FMI, ISEI dan ADEBI
    2. Pembahasan rapat kordinasi lanjutan pembahasan persiapan pembentukan LAM di FEB Undip Rabu 20 Agustu 2014

Sidang Pleno-2 Tahun 2014, dilaksanakan di FE Universitas Khairun (Unkhair), Ternate, 5-6 September 2014 

Agenda pertemuan:

  1. Pembahasan perihal pengelola “pooling jurnal nasional terakreditasi rumpun ilmu akuntansi, ekonomi, manajemen dan bisnis” sebagai wadah untuk publikasi mahasiswa, dosen, peneliti anggota AFEBI  dan non-AFEBI.
  2. Pembahasan persiapan rapat Regional yang ditangani para ketua regional AFEBI yang ditetapkan pada tanggal 26 Juni 2014 di FEM IPB Bogor, yaitu:
  • Ketua Regional 1 (Jawa, Madura dan Bali):

Dr. Ir. Yusman Syaukat, M.Ec, Dekan FEM IPB

  • Regional 2 (Sumatera dan Kalimantan):

Prof. Dr. Tafdil Husni, SE., MBA, Dekan FE Unand

  • Regional 3 (Sulawesi, Maluku, Papua, NTT, dan NTB): 

Prof. Dr. Gagaring Pagalung, M.Si., Ak, Dekan FE Unhas

à Agenda:  Ketua Regional melaksanakan pembahasan isu-isu  di regional yang behubungan dengan pencapaian visi dan misi organisasi, dan pelaksanaan teknis kebijakan organisasi.

  1. Pembahasan materi yang akan disampaikan pada Kongres-2 AFEBI di FE Universitas Malikul (Unmul) di Lokhseumawe, Aceh, 18-20 November 2014.
    1. Pembahasan hasil rapat Komisi Pendidikan dan Pengajaran AFEBI yaitu:

Pelaksanaan Teknis “Capaian Pembelajaran Program Studi S2, S3 sebanyak 72 SKS” sesuai Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014 pasal 17 perihal pemenuhan capaian pembelajaran lulusan program S2 dan S3

  1. Pembahasan hasil Rapat Komisi Akreditasi dan Penjaminan Mutu AFEBI yaitu:

Inisiasi AFEBI untuk membentuk Lembaga Akreditasi Mandiri. Komisi Akreditasi dan Penjaminan Mutu AFEBI telah melaksanakan rapat bersama perwakilan Asosiasi (IAI, ISEI, FMI dan ADEBI) di FEB Undip pada hari Rabu 20 Agustus 2014.     Pelaksanaan Kongres Kedua AFEBI 2014, 18-20 November 2014, di FE Universitas Malikul Saleh(Unimal), Lhokseumawe, Aceh Agenda pertemuan:

  1. Pembahasan perubahan AD/ART AFEBI perihal keanggotaan AFEBI untuk memasukan FE/FEB dari Perguruan Tinggi Swasta dan pembahasan komisi-komisi
  2. Penetapan garis besar program kerja AFEBI
  3. Penetapan tempat pelaksanaan 4 (empat) Sidang Pleno di tahun 2015 yang dilaksanakan setiap catur wulan
  4. Pembahasan kelanjutan pelaksanaan the 1st International Conference of AFEBI, Organising Committee: SBM ITB yang menyatu dengan pelaksanaan Kongres AFEBI
  5. Penetapan Susunan Organizing Committee pelaksanaan the 1st International Conference of AFEBI, yang diusulkan dilaksanakan bersamaan dengan Kongres-3 AFEBI di FE Untan (Universitas Tanjung Pura, Pontianak).Tanggal pelaksanaan belum ditetapkan.
  6. Penetapan tempat penyelenggaraan Konggres AFEBI berikutnya (unutk pelaksanaan tahun 2017 dan 2018)
  7. Pembahasan Pembentukan Asosiasi:

Keterangan: Nama Asosiasi disesuaikan berdasarkan hasil pembahasan

  1. Penandatanganan Nota Kesepahaman Pembentukan LAM - EMBAEII

2015

 

  1. Sidang Pleno Ke-7 AFEBI 2015, 25-26 Maret 2015, dilaksanakan oleh FEB UGM (Universitas Gajah Mada), di Kampus UGM, Yogyakarta, Provinsi DIY
  2. Sidang Pleno Ke-8 AFEBI, 3-5 Juni 2015 dilaksanakan oleh FEB Unsika (Universitas Singaperbangsa Karawang), di Citra Grand Hotel Karawang, Provinsi Jawa Barat
  3. Sidang Pleno Ke-9 AFEBI, 2-4 September 2015 dilaksanakan oleh FEB UNIB (Universitas Bengkulu), di Kampus UNIB, Bengkulu, Provinsi Bengkulu
  4. Kongres Ke-3 AFEBI, 17-20 November 2015 dilaksanakan oleh FE UNTAN (Universitas Tanjungpura), di Gedung Bank Indonesia,  Provinsi Kalimantan Barat, Pontianak

2016

  1. Sidang Pleno Ke-10 AFEBI, 22-24 Maret 2016 dilaksanakan oleh FE UNSRI (Universitas Sriwijaya), di Hotel Swarna Dwipa, Palembang, Provinsi Sumatera Selatan
  2. Kongres Ke-4 AFEBI, 27-30 Juli 2016 dilaksanakan oleh FEB Unsrat, di Hotel Peninsula, Manado, Provinsi Sulawesi Utara
  3. Sidang Pleno Ke-11 AFEBI, 24-26 November 2016 oleh FEB UNS(Universitas Negeri Sebelas Maret), di Hotel Best Western Premier FE UNS ,Surakarta/Solo, Provinsi Jawa Tengah

AFEBI merupakan salah satu mitra dari ice institute

Untuk melihat daftar mata kuliah AFEBI yang disediakan oleh ICE Institute silahkan klik logo berikut ini   

.


 

Beri Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

 

0

Total Entries

0

Total Entries

0

Total Entries

Unduhan Dokument

Panduan

Anda dapat mengunduh dokument panduan terkait ICE Insitute

book

Dengan cara mengklik

Unduh

ICE Institute

  • Universitas Terbuka
  • Gedung LPPMP Lantai 2
  • Jl. Cabe Raya Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan
  • Banten - 15437

Join Us

2024 © ICE Institute. All rights reserved.

Terms of use | Privacy policy | Sitemap